1. Riwayat Pendidikan John Wesley
a. Sekolah di Dapur
Gereja Methodist termasuk salah satu gereja Protestan walaupun tidak secara langsung berasal dari gerakan Reformasi. Pendirinya adalah John Wesley seorang pendeta Anglikan. Ia seorang yang saleh dan pengkhotbah yang bersemangat serta pemimpin gerakan kebangunan rohani pada abad ke-18 di Inggris. Pada awal dan pertengahan abad itu kehidupan rohani sangat merosot, sehingga banyak warga jemaat mengabaikan kebaktian dan pemimpin gereja tidak dihiraukan lagi.
Dalam situasi demikian John Wesley dilahirkan di Epworth pada tanggal 17 Juni 1703. Ayahnya bernama Samuel Wesley dan ibunya Susana Wesley. Samuel Wesley adalah seorang pendeta dari Gereja Anglikan yang ditempatkan untuk melayani jemaat kecil di Epsworth sejak bulan Februari 1697 sampai ia meninggal dunia pada tahun 1735. Di Epworth belum ada sekolah yang diasuh oleh gereja maupun oleh pemerintah. Hal ini membuat Samuel Wesley kecewa. Ke manakah anak-anaknya akan di sekolahkan? Dikirim ke tempat lain bagaimana mengenai biaya? Seandainya ada biaya, apakah anak-anak yang masih kecil itu sudah sanggup berpisah dengan orang tuanya? Hal ini menjadi pergumulan bagi keluarga Samuel Wesley. Untuk mengatasi masalah pendidikan ini maka Susana Wesley, seorang wanita terpelajar, mengambil alih tanggung jawab tersebut bagi anak-anaknya. Susanna membuka sekolah kecil di dapur rumahnya sendiri, sehingga dengan demikian tugas dan tanggung jawab dalam rumah tangga dapat dikerjakan. Sekali-sekali Susanna dibantu suaminya. Sekolah kecil ini sering disebut sekolah dapur (School in the Kitchen).
Pada hari pertama mereka mempelajari abjad kemudian membaca. Waktu belajar ditetapkan mulai pukul sembilan sampai pukul dua belas siang. Kemudian pada sore hari mulai pukul dua sampai pukul pukul lima. Setelah membaca dan berhitung mereka diajar mengenai pengetahuan tentang Alkitab, Sejarah Dunia, Sejarah para Misionaris dan sejarah tentang hal-hal yang diperbuat Allah bagi mereka[2]. Secara khusus bagi setiap anak, Susanna menyisihkan waktunya satu jam seminggu untuk berdoa dan bercakap-cakap mengenai kerohanian mereka.[3] Selain itu Susanna selalu menyesuaikan kurikulum di “sekolah dapur” ini dengan sekolah-sekolah formal yang ada untuk menjaga agar anak-anaknya tidak kaku bila mereka melanjutkan pendidikannya ke tempat lain.
b. Melanjutkan pelajaran ke London
1. Charterhouse School
Setelah John Wesley menyelesaikan pelajarannya di “School in the Kitchen” di Epworth, maka pada tahun 1714 ia melanjutkan pelajarannya di Charterhouse School di London. Pada umumnya siswa-siswi di sekolah ini hidup melarat, oleh sebab itu ia harus menderita karena sebagai anak laki-laki yang lebih tua maka ia wajib membagi-bagi makanan daging miliknya kepada anak-anak yang lebih muda, sehingga ia hanya memakan roti yang keras. Namun demikian ia tetap sehat, karena ia selalu mengikuti nasehat orong tuanya untuk berolahraga setiap pagi di pekarangan sekolah. Pengalaman ini sangat berkesan bagi John Wesley sehingga begitu mencintai sekolah tersebut. Selama hidupnya, John selalu berusaha mengunjungi sekolah ini paling sedikit sekali setahun.
2. Christ Church College Oxford
Pada tahun 1720, John Wesley melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi di Christ Church College Oxford University. Situasi Oxford pada awal abad ke-18 kurang mendukung peningkatan mutu dan perkembangan kerohanian mahasiswa. Kegairahan belajar dan kegiatan olahraga tidak ada, sehingga Oxford menjadi hal yang kurang menarik di seluruh Inggris. Fitchett mengatakan “Oxford at the beginning of the eighteenth century was perhaps the most prosaic patch in the whole drab – colored English landscape.” Dalam situasi demikian John Wesley harus memasuki perguruan tersebut. Bagaimana ia menghadapi situasi demikian? Akan tetapi, berkat nasehat ayahnya yang selalu diterimanya melalui surat, maka John Wesley dapat mengatasinya, sehingga ia dapat berhasil meraih gelar Sarjana Muda dan ditahbiskan menjadi Pendeta Muda pada tanggal 19 September 1725 oleh Bishop Potter. Dan pada tanggal 14 Februari 1727 ia diwisuda menjadi sarjana lengkap dan ditahbiskan menjadi Pendeta Tua pada tanggal 22 September 1728. Kemudian Bishop Potter menempatkannya menjadi imam pembantu pada ayahnya di Epworth karena kesehatan ayahnya mulai menurun.
2. Lahirnya Gereja Methodist
a. Timbulnya Kelompok Methodist
Setelah beberapa lama membantu ayahnya di Epworth, maka pada tahun 1729 John Wesley menerima panggilan yang sangat mendesak dari Dr. Morley, rektor Lincoln College Oxford sebagai ketua seminar-seminar di perguruan tersebut. Tugas ini dijabatnya sejak tanggal 22 November 1729 sampai keberangkatannya ke Georgia bulan Oktober 1735. Pengalamannya sebagai ketua atau moderator dalam seminar-seminar ini sangat membantunya dalam kepemimpinannya di kemudian hari.
Kemudian ia membentuk kelompok yang terdiri dari para sarjana. Mereka yang menjadi anggota kelompok ini antara lain, Charles Wesley, George Whitefield, Benjamin Ingham, James Harvey, John Wesley sendiri bersama 12 orang lainnya. Pertemuan pertama diadakan pada hari Minggu di rumah John Wesley sendiri. Kemudian secara bertahap akhirnya mengadakan pertemuan setiap malam. Mereka mempelajari bahasa asli dari Alkitab, mengunjungi orang sakit, berkhotbah ke penjara dan di muka kaum buruh untuk mengusahakan sekolah bagi anak-anak miskin, dan mengusahakan pengumpulan dana untuk pekerjaan amal. Setiap hari Rabu dan Jumat mereka berpuasa, kemudian pada hari Minggu diadakan pelayanan Sakramen. Setiap anggota kelompok harus mengikuti peraturan atau disiplin yang telah ditetapkan bersama.
Sehubungan dengan metode dan cara-cara kelompok ini sangat menyolok di kampus universitas, maka banyak di antara mahasiswa dan masyarakat yang mengejek kelompok ini. Banyak diantara orang mengejek dengan menyebutnya sebagai “Holy Club, Bible Moths, Godly Club, Suppererogation Men, Sacra Mentalisth, Methodist dan Reform Club.” Pada tahun 1735 kelompok ini resmi dikenal sebagai kelompok Methodist Oxford. Pengalaman ini mendorong perhatian John Wesley lebih tertuju kepada pendidikan dengan menulis buku-buku pelajaran yang diperlukan murid-murid.
b. John Welsey diutus ke Amerika
Sebelum Samuel Wesley meninggal pada tanggal 25 April 1735, pesannya yang terakhir kepada anaknya John Wesley sebagai berikut: “Bersaksilah dengan sungguh-sungguh anakku, bersaksilah, itulah bukti nyata dari keKristenan” John Wesley mengatakan bahwa ia tidak dapat melaksanakan tugas itu, tetapi kemudian hari ia mengerti akan pesan ayahnya itu. Kemudian John Wesley pergi ke London untuk menyerahkan salinan tafsiran buku Ayub yang ditulis Samuel sebelum meninggal kepada Ratu Inggris.
Tidak berapa lama kemudian Kolonel James Edward Ogle Thorpe yang mengorganisir koloni Inggris di Georgia sedang berada di London. Ia menemui Dr. John Burton dari Corpus Christi College untuk berkenan mencari beberapa orang yang bersedia menjadi pemimpin kebaktian (chaplin) di koloni Inggris tersebut. Dr. John Burton menghubungi John Wesley dan memberitahukan tugas mulia ini. John menyambutnya serta memberitahukannya kepada temannya dan ibunya yang tercinta. Ibunya mengatakan kepada John : Saya mempunyao 20 orang anak, saya gembira bahwa mereka semuanya telah bekerja, meskipun saya tidak pernah melihat mereka lagi.
Setelah mendapat restu dari ibunya, maka The Society for Propagation of the Gospel in Foreign Parts mengutus John Wesley sebagai penginjil ke Amerika Utara. Ia berangkat bersama dengan tiga orang anggota Holy Club yang dipimpinnya yaitu Benjamin Ingham, Charles Delamotte dan Charles Wesley. Mereka berangkat pada atnggal 13 Oktober 1735 dan tiba di Amerika paa tanggal 5 Februari 1736.
Pada bulan April 1736 diadakanlah perkumpulan di Savannah Georgia yang dihadiri 20 sampai 30 orang di rumah John Wesley sendiri untuk mendengarkan firman Tuhan. Perkumpulan ini dinamai Perkumpulan orang-orang Methodist. Karena perbedaan status maka mereka ditolak orang-orang Indian yang ada di sana, sehingga mereka mengarahkan perhatian kepada orang-orang Inggris saja. Pada tahun 1736 John Wesley membuka dan mengorganisir sebuah sekolah kecil dan kebaktiannya dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, dan Italia. Ia menetapkan Charles Delamotte untuk memimpin sekolah tersebut. Sedangkan Benjamin Ingham dan Charles Wesley disuruh ke Frederica. Di Savannah, John Wesley sangat gigih mengkhotbahkan panghapusan perbudakan, sebab itu ia kurang disenangi oleh orang-orang Inggris yang memiliki banyak budak. Ia ditolak dan akhirnya harus kembali ke Inggris pada tanggal 1 Pebruari 1738. Oleh sebab itu ia mulai menulis catatan harian (jurnal) yang kemudian sangat berguna sebagai dokumen sejarah.
c. John Wesley mengalami hidup baru
Dalam kehidupannya John Wesley selalu bergumul untuk mencari jaminan keselamatan dengan pengalaman dan pelayanan serta perkenalannya dengan orang-orang Moravian bersama Bishop David Nitchman diatas kapal yang ditumpanginya dan yang hampir tengelam karena dipukul karena dipukul ombak dan badai. Pada waktu itu ia merasa takut sedangkan orang Moravian tidak takut sedikitpun. Ia mulai sadar bahwa ia sendiri belum sungguh-sungguh percaya kepada Allah.
Pada tanggal 1 Mei 1738 sekitar 40 sampai 50 orang temannya sepakat mengadakan pertemuan setiap hari Rabu sore dengan percakapan bebas dan kebaktian. Persekutuan ini disebut persekutuan Methodist. Pada hari Rabu pagi tanggal 24 Mei 1738 John Wesley membuka Alkitab dan menemukan ayat yang berbunyi: “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah” (Markus 12:34). Nats ini menjadi petunjuk baginya bahwa Tuhan dan kerajaanNya tidak jauh dari orang-orang yang mencarinya. Pada sore harinya ia pergi ke gereja St. Paul’s Chatedral. Ia mendengar lagu-lagu rohani yang berkumandang yang menggambarkan kesenangan hidup di dalam Tuhan. Kemudian pada malam harinya dengan perasaan berat John Wesley menghadiri persekutuan orang-orang Methodist yang dilaksana-kan di Aldersgate Street. Pemimpin kebaktian membacakan pendahuluan buku tafsir surat kiriman Rasul Paulus kepada jemaat di Roma yang ditulis oleh Marthin Luther, “Melalui iman kepada Kristus, manusia dibenarkan Allah”.
Pada saaat pembicaraan berlangsung, hati John Wesley mulai hangat, sehingga kira-kira pada pukul 20.45 ia mengatakan: “Saya merasa bahwa saya sungguh-sungguh percaya kepada Kristus, hanya Kristus saja keselamatan, bahkan dosa-dosa saya pun Kristus hapuskan dan Ialah yang menyelamatkan saya dari kuasa dosa dan maut” (I felt my heart strangely warmed. I felt I did trust in Christ, Christ alone, for salvation, and an assurance was given me that He had taken away my sins, even mine, and save me from the law of sin and death).
Setelah John Wesley mengalami hidup baru, maka ia mendoakan orang-orang yang pernah menganiaya dan mengejeknya. Ia membina persaudaraan dengan orang-orang yang dijumpainya. Dengan penuh kegembiraan dalam iman ia menyaksikan dan memberitakan firman Tuhan. Ia mendorong semua orang untuk mengenal Kristus secara pribadi. Ia mendesak orang Kristen untuk mendisiplinkan diri, karena disiplin diri adalah proses menuju kedewasaan iman Kristen. Ia mengumpulkan orang-orang dalam kelompok doa yang merupakan hakekat gerakan permulaan Methodist. Kelompok-kelompok doa ini bertumbuh menjadi jemaat. Pengalaman hidup baru ini diberitahukan-nya kepada teman-temannya dan kepada adiknya Charles Wesley, kemudian disebarluaskan ke seluruh Inggris, Irlandia, dan Amerika.
Suatu hal yang perlu diingat bahwa dalam kegiatan penginjilan, John Wesley menekankan dua hal yang diwarisi dalam kehidupan Methodist sampai sekarang ialah mengabarkan Injil kepada orang-orang miskin yang tidak dilayani gereja dan melayani serta memelihara mereka yang sudah Kristen dalam hidup kekristenan. John Wesley mengumpulkan mereka dalam suatu kelompok, kelas dan menetapkan pemimpin mereka sendiri (Lay Leader). Mereka yang tergabung dalam kelompok atau kelas diwajibkan mengabarkan Injil di tepi-tepi jalan, lapangan terbuka dan rumah-rumah. Selanjutnya ia mengangkat dan menetapkan pengkhotbah awam (Lay Preacher), membimbing dan mengawasi mereka. Sekali setahun mereka dikumpulkan dalam suatu konferensi untuk mengevaluasi semua pelayanan mereka serta menetapkan strategi pelayanan tahun berikutnya. Ia mengajak agar setiap orang percaya turut memberitakan keselamatan itu kepada semua orang.
d. Gereja Methodist dan Pendidikan
Pada tahun 1740, Whitefield mendirikan sebuah sekolah di Kingswood yang kemudian langsung dikelola John Wesley dan menempatkan John Cennick sebagai gurunya. Sekolah ini berkembang sejajar dengan perkembangan jemaat. Tujuan pendirian sekolah bukan hanya bertujuan membentuk manusia berilmu tetapi juga membentuk manusia beriman. Sebab itu dalam segala kegiatan pelayanan, John Wesley yang kemudian diwarisi Gereja Methodist bahwa selalu mempersatukan tiga kegiatan yang tidak terpisahkan satu dengan yang lain. Kegiatan tersebut adalah Evangelisasi, Organisasi/Administrasi dan Pendidikan. Baru kemudian timbul kegiatan keempat yaitu bidang kesehatan. Dengan demikian sekolah merupakan bagian integral dari gereja Methodist. John Wesley menyadari bahwa hubungan pemberitaan firman dengan pendidikan sangat erat sehingga dapat dikatakan bahwa kekristenan adalah ibu atau sumber Pendidikan (Christianity is the mother of Education). Oleh sebab itu pendidikan merupakan bagian integral dan menjadi pokok tradisi Methodist sehingga menjadi perhatian yang sungguh-sungguh untuk pembukaan sekolah dalam kehidupan bangsa. John Wesley mengatakan dalam suatu Konferensi agar semua pengkhotbah berusaha memajukan sekolah. Setiap pengkhotbah, guru injil dan pendeta yang tidak mau mengkhotbahkan dan memajukan pendidikan, ia tidak layak disebut sebagai pengkhotbah Methodist.
Suara tersebut terus bekerja dalam hati pekerja-pekerja Methodist sampai ke Amerika. Sebelum Gereja Methodist Episcopal diorganisir secara mantap di Amerika semangat Ausbury untuk pendidikan dinyatakan dalam pembukaan Ebenezer Academy di bagian Selatan dari Brunskwick Country Virginia. Perhatian Thomas Coke dalam pendidikan mendorongnya menjadikan pendidikan bagian dari rencana organisasi gereja dan pendirian sekolah hendaknya mirip dengan rencana sekolah yang di Kongswood Inggris.
Pada mulanya sekolah Methodist didirikan di tempat Bishop berdomisili, tetapi kemudian dianjurkan supaya setiap gereja mendirikan sekolah. Dalam Konferensi Agung pada tahun 1820 diambil suatu keputusan yang lebih konkrit lagi, agar setiap Konferensi Tahunan (Konta) sesegera mungkin mendirikan sekolah-sekolah di bawah pengawasan Konferensi tahunan bersangkutan. Dengan adanya keputusan tersebut maka berdirilah beberapa sekolah Methodist seperti: Centenary College, Jackson Alabama, La Grange College La Grange Alabama, 1831, Wesleyan University, Middletown Connecticut 1831, Emory and Henry College, Emory Virginia 1838, Wesleyan Female College, Macon Georgia 1839, Worthington Ohio 1839, and Wesleyan Female College, Wilmington Delaware 1841, dll.
[1] Bab ini dikutip dari Buku “85 Tahun Pendidikan Methodist di Indonesia” karangan Pdt. A. Sihombing, S.Th., yang diterbitkan tahun 1993, hal.4-10, dengan beberapa pengeditan dan tambahan oleh penulis.
[2] Dikutip oleh Pdt. A. Sihombing, S.Th. dari Mansell, H.B., Netherland Indies Mission Conference, Buitenzorg, 1919, hal.22.
[3] Dikutip oleh Pdt. A. Sihombing, S.Th. dari Freeman Mark, Netherland Indies Mission Conference, Buitenzorg, 1925, hal.254.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar